Sungai Ciliwung

01/05/2009 at 21:57 (Geografi) ()

SUNGAI CILIWUNG
Sungai Cliwung…..nama ini pasti sudah sangat dikenal orang semua warga Jakarta. Sungai yang selalu menjadi omongan orang-orang pada saat musim hujan, yang menjadi penyebab utama banjir di kota ini. Sungai ciliwung mempunyai panjang sekitar 170 KM ini berada di perbatasan kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur atau sekitar daerah Puncak sebagai hulu dari sungai ini, lalu mengalir ke utara kea rah depok lalu memasuki wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dan bermuara di Laut Jawa. Sungai Ciliwung ini mempunyai daya tangkapan sekitar 337km2 .Menurut Sejarahnya sungai Ciliwung ini terbentuk sejak 6 juta tahun untuk bagian hulunya,dan pada sekitar tahun 1900-an orang-orang Eropa memandang sungai ini sebagai “surge di belahan bumi tropis” , sepertinya sangat kontras sekali perbandingannya bila dibandingkan dengan anggapan para masyarakat tentang sungai Ciliwung pada zaman sekarang.
Apabila kita melakukan penyusuran di sungai Ciliwung ini dari bagian hulu sampai hilirnya akan terjadi perbedaan yang cukup mengagetkan. Di bagian hulunya yaitu sekitar daerah Gunung Gede dan Gunung Pangranggo terlihat sungai ini masih amat baik bila dibilang sungai lalu menuju Kota Depok akan menjadi berbeda dan akan menjadi berbeda dan lebih parah lagi apabila sampai di kota Jakarta yang kita ketahui bersama bahwa daerah bantaran sungai Ciliwung yang selalu menjadi urusan Pemprov DKI Jakarta ini.
Daerah bantaran adalah daerah di sekeliling sungai yang semestinya bukan sebagai tempat tinggal penduduk melainkan sebagai daerah penghijauan yang dapat digunakan sebagai daerah resapan air yang harus di beri jarak sekitar 1KM dari perbatasan sungai , hal yang dapat kita amati di banta ran ini adalah banyak warga yang sudah menganggap tempat ini menjadi tempat tinggal mereka , sekitar 71 ribu jiwa menetap disini menempari 14 ribu perumahan. Aneh nya dapat kita perhatikan mereka dapat memanfaakan sungai ciliwung untuk kehidupan mereka sehari-hari seperti untuk mencuci pakaian bagi para Ibu rumah tangga, untuk anak-anak mereka gunakan untuk bermain bersama teman teman sepermainan mereka di ciliwung dengan berenang dan bermain disini dan para bapak menggunakan untuk sebagai air wudhu untuk sholat.
Kehidupan di kota Jakarta memang mengharuskan persaingan yang ketat dari tahun ke tahun , tetapi akibatnya seperti ini yang dapat kita lihat , kebanyakan masyarakat yang tinggal disana adalah para perantau yang mengadu nasib di Jakarta ini.
Marilah kita kembali ke perbandingan sungai ini lagi!…sekarang mari kita lihat berdasarkan kandungan airnya dalam arti untuk menentukan kualitas airnya…berdasarkan kandungan air yang dapat dimanfaatkan dapat dibagi menjadi beberapa kelas, seperti contoh kelas 1 adalah contoh air yang dapat dikonsumsi untuk minum atau air baku. Nah, Jakarta ini dibagi menjadi 5 segmen/ bagian yaitu segmen 1 di di kabupaten bogor (cisarua) masuk kedalam criteria kelas 2, yang berarti dapat digunakan untuk prasarana rekereasi air/ pertamanan/ perikanan/ peternakan. Lalu di segmen 2 dan4 yaitu daerah Ciawi dan Cimanggis kualitas airnya menempati kelas IV yang berarti hanya dapat untuk pertamanan , kemudian segmen 3 di Cibinong berkualitas kelas III untuk perikanan peternakan dan pertamanan , dan akhirnya kita sampai di wilayah Jakarta, yang dapat kita lihat sendiri kualitas airnya secara kasat mata sebagai warga Jakarta, di daerah ini airnya tidak termasuk dalam kelas manapun berarti tidak dapat dimanfaatkan untuk apapun. Sebenarnya ada cara untuk mengubah kualitas air ini supaya menjadi lebih baik, yaitu dengan teknologi sejalan dengan zaman globalisasi yang semakin modern ini, tetapi tentu saja membutuhkan biaya yang sangat besar.
Selain itu kita juga tak dapat menghidarkan diri bahwa penyebab utama banjir di Jakarta yang membuat sungai Ciliwung meluap adalah sampah-sampah yang bertebaran di sungai tersebut yang membuat tersumbatnya aliran yang menjadikannya meluap , percuma saja usaha pemerintah dalam menanggulangi banjir dengan membuat pintu air di katumalampa ataupun di manggarai kalau keadaan sampah masih begini begini saja. Seperti pada saat mesim penghujan, yang menjadi pengamatan utama yaitu ketinggian air di pintu-pintu air tersebut. Dan apabila kita amati setelah banjir telah berlalu kita dapat menemukan banyak sekali sampah-sampah yang terkumpul di penyaringan-penyaringan di setiap titik perbatasan dalam sungai banyak sampah yang terkumpul. Menurut para pengamat tentang sampah di Jakarta ini, sampah yang kita buang selama ini banyaknya dapat sampai dengan kepulauan seribu. Apabila sampah-sampah ini semakin melebar di lautan maka tentunya habitat-habitat di lautan , kumpulan sampah ini dapat menutupi sinar matahari yang masuk ke dalam laut sehingga tumbuhan-tunbuhan laut dan terumbu karang sebagai tempat perlindungan beberapa ikan dapat menjadi rusak sehingga dapar membuat kehidupan di laut juga terganggu. Selain itu sampah sampah banyak mengandung bahan kimia yang secara langsung mencemari air di laut tersebut.
Nah, dapat kita simpulkan saja kalau pemerintah usaha nya dalam menanggulangi banjir hanya begitu-begitu saja, yah pastinya masalah banjir tiap tahunnya akan menjadi kebudayaan tiap tahunnya. Sebaiknya Sungai ciliwung ini di rawat walaupun sudah tercemar tetapi apabila kita rawat dari sekarang mungkin 10 tahun ke depan ciliwung dapat menjadi sungai yang dapat dibanggakan sehingga dapat berguna untuk generasi mendatang. Jadi, marilah mulai dari sekarang kita rawat sungai ciliwung ini bersama-sama sehingga Jakarta juga kelihatan seperti kota metropolitan yang indah!!!

About these ads

1 Comment

  1. imperialdramonmode said,

    sama-sama :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: